.basena kurfa

Kalender

|| || || Leave a komentar

Jenis-Jenis Kalender




Kalender merupakan suatu sistem untuk memberi nama pada suatu periode waktu. nama-nama inilah yang dikenal dengan tanggal kalender. Penanggalan ini dapat didasarkan pada gerakan benda-benda angkasa seperti bulan dan matahari. Kalender dapat juga mengacu kepada piranti yang mengilustrasikan sistem tersebut, seperti kalender dinding yang sering dijumpai.

Berikut ini adalah jenis-jenis kalender berdasarkan keyakinan dan perubahan alam:
1. Kalender Qibti
Kalender Qibti adalah kalender yang dimiliki oleh bangsa Mesir hingga saat ini kalender ini sebenernya masih dipakai oleh para kaum Supranaturalis Islam Indonesia. Kalender ini memeliki banyak fungsi, antara lain untuk mengetahui kapan seseorang akan sembuh dari sakit, kapan sesorang akan terlahir, dan lain sebagainya.

2. Kalender Jepang
Hingga akhir tahun kelima zaman Meiji atau sekitar tahun 1872, bangsa Jepang masing mempergunakan kalender Temporaki dan pada tahun keenam era Meiji atau lebih tepatnya 1 Januari 1873, bangsa Jepang mulai mempergunakan sistem kalender Gregorian. Dalam satu tahunnya, kalender Jepang terdiri atas 12 bulan, yaitu: Ichigatsu, Nigatsu, Sangatsu, Shigatsu, Gogatsu, Rokugatsu, Sichigatsu, Hachigatsu, Kugatsu, Jugatsu, Juichigatsu dan Junigatsu.

3. Kalender Maya
Kalender Maya adalah suatu sistem kalender yang disusun oleh peradaban bangsa Maya. Kalender ini mulai diciptakan pada era Baktun keenam, pada kisaran tahun 747-353 SM. Sementara puncak kejayaan dari suku Maya sendiri terjadi pada kisaran tahun 250-900 SM.
Perhitungan satu siklus pada kalender Maya terdiri atas 260 hari dan terbagi dalam 13 trecena. Lama waktu masing-masing trecena adalah 20 hari. Dalam buku Chilam Balamdinyatakan bahwa hari pertama dalam kalender Maya dimulai dari ‘Imix’.

4. Kalender Julian
Pada kalender Julian, perhitungan 1 tahun setara dengan 365,25 hari. Hal ini tidak mengherankan karena dalam kalender Julian terdapat tahun kabisat yang muncul setiap 4 tahun sekali. Masa berlaku kalender Julian ini berkahir pada Kamis 4 Oktober 1582 M.

5. Kalender Gregorius
Paus Gregorius XIII mengubah sistem kalender Julian pasca Kamis 4 Oktober 1582 M menjadi tertanggal Jum’at 15 Oktober 1582 M. Hal ini mengakibarkan hilangnya tangga 5-14 Oktober 1582.

6. Kalender Hijriyah
Kalender Hijriyah atau yang lebih dikenal dengan kalender Islam merupakan kalender yang dipergunakan umat Islam termasuk dalam penentuan tanggal dan bulan dalam beribadah. Tahun pertama dari kalender ini adalah ketika terjadi peristiwa bersejarah hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 M.
Pada beberapa negara dimana mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, kalender Hijriyah dijadikan sistem penanggalan sehari-hari. Kalender ini menggunakan perputaran bulan sebagai acuannya.

7. Kalender Jawa
Kalender Jawa merupakan kalender dengan perpaduan multikultur yang terdiri atas budaya Islam, Hindu-Budha, jawa, dan sedikit budaya Barat.

8. Kalender Saka
Kalender Saka merupakan jenis kalender yang berasal dari India.

9. Kalender Yahudi
Kalender Yahudi atau kalender Ibrani merupakan jenis kalender yang digunakan bangsa Ibrani.

10. Kalender Imlek
Kalender jenis ini mulai berkembang sejak 3 Millenium SM. Kalender Cina ini diyakini sebagai kalender yang masih terus digunakan sampai saat ini.
/[ 0 komentar Untuk Artikel Kalender ]\

Posting Komentar